Berita

Pantai Pulau Datok Ditata Kembali

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

SUKADANA--Penataan Pantai Pulau Datok di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, usai lokasi perhelatan Sail Selat Karimata 15 Oktober lalu akan kembali dilakukan penataan dalam waktu dekat ini oleh Pemerintah Daerah. Rencana tersebut disampaikan saat para pejabat pemerintah dan kepala SKPD kembali meninjau pantai Pulau Datok, Rabu (29/10).
Rombongan yang meninjau, Sekretaris Daerah Hilaria Yusnani, Asisten 1, Syarif Muzahar, Kadis Disbudparpora Mas Yuliandi,  Kadis Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil Menengah, Azahari Asnan,  Kasat Pol PP Basri,  Kabupaten Kayong Utara serta Camat Sukadana Syahrial Solihin.

Terdapat beberapa hal yang akan dilakukan penataan. Seperti para pedagang yang menggunakan gerobak atau lapak, lahan parkir termasuk kursi dan meja  yang dibuat secara permanen oleh pedagang. Selain itu, di lokasi kawasan Pantai Pulau Datok akan didirikan pos penjagaan khusus pengamanan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, Hilaria Yusnani mengatakan lokasi Pantai Pulau Datok ini akan segera dilakukan penataan kembali usai lokasi kegiatan puncak acara Sail Selat Karimata kemarin.   “Usai menjadi lokasi puncak acara Sail Selat Karimata, kita akan melakukan penataan, baik untuk pedagang dan parkir kendaraan tidak ada lagi yang parkir di dalam area lokasi wisata. Karena lokasinya sudah kita sediakan. Sedangkan untuk pedagang, yang tidak menggunakan rumah  dalam artian secara permanen dapat menggunakan gerobak, agar dapat mobil. Maksud di sini untuk pedagang, usai berjualan dapat kembali dirapikan. Karena kita akan menyediakan lokasi khusus bagi pedagang itu. Agar tidak ada lagi yang berjualan di dekat bibir pantai,”terang Hilaria Yusnani kepada koran ini.

Adapun langkah selanjutnya untuk pedagang, lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan Kayong Utara direncakan dapat membentuk seperti kelompok paguyuban pedagang agar dapat memudahkan pemerintah daerah dalam melakukan pendataan.  “Kalau untuk pedagang kita mempersilahkan siapa saja boleh berdagang di Pantai.  Asalkan dapat mengikuti peraturan yang ada.  Kalau untuk pedagang yang sudah permanen di rumah masing-masing dapat turut menjaga kebersiahan, begitu pula dengan pedagang lainnya.  Hal tersebut tentunya kita sarankan kepada semua pedagang,”terangnya.

Lebih jauh Hilaria berharap pengelolaan pantai ini menjadi wewenang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Misalnya untuk lokasi wisata akan dilakukan oleh Disbudparpora, untuk rambu-rambu lalu lintas Dihubkominfo, untuk pedagangnya akan dilakukan oleh Disperindagkop. Selajutnya mengenai keamanannya akan dilakukan oleh Sat Pol PP, dan tidak menutup kemugkinan berkerjasama dengan pihak kepolisian setempat. “Pos terpadu juga akan kita bangun. Termasuk pengamanan lokasi wisata. Nantinya pos tersebut akan digunakan oleh Pol  PP, Dishub dan juga pihak kepolisain,”jelasnya.

Lokasi wisata andalan di Kabupten Kayong Utara ini sudah  memiliki Peraturan Daerah yang nanti akan kembali diturunkan dalam bentuk SK Bupati.  Selain itu, sambung Hiliria untuk lahan parkir sudah ada.  Selanjutnya tinggal diterapkan di lokasi wisata ini. “Kalau untuk bangunan yang berada di bibir pantai memang tidak boleh. Untuk itu, semua pedagang nantinya kita pindah di lokasi yang telah disiapkan,”pungknya.

Untuk kursi-kursi yang dibuat oleh para pedagang  tambah Hilaria akan dibnogkar. Jadi tidak ada lagi kursi-kursi permanen di area bibir Pantai Pulau Datok.  Hal tersebut tentunya, agar dapat terlihat rapi dan tertata.  “Untuk pedagagang dapat menggunakan kursi-kursi yang tidak permanen.  Dan dapat menggunakan kursi yang dapat dikemas setelah digunakan.  Atau pedaganag dapat menyewakan tikar kepada pengunjung.  Hal tersebut akan kita regulasikan di minggu depan,”katanya.

Mengenai media informasi di Pantai Pulau Datok  juga akan dihadirkan. Sementara itu, dirinya sangat yakin dalam penataan di pantai ini kepada SKPD-SKPD sesuai dengan bidangnya. “Saya sangat yakin para SKPD terkait mampu menangani hal ini,  dan tentunya akan tetap kita pantau terus perkembangannya,”tutupnya. (dan)

 

sumber : http://www.pontianakpost.co.id/pantai-pulau-datok-ditata-kembali

Hubungi Kami

 

 

©2017 Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. All Rights Reserved.

Search