Pencanangan Kampung KB Digalakkan Guna Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Wakil Bupati Kayong Utara Idrus menghadiri acara Pencanangan Kampung KB dan Bakti Sosial Manunggal KB-Kesehatan di halaman kantor Desa Podorukun Kecamatan Seponti, Selasa (3/10).

Pencanangan Kampung KB merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara langsung terutama masyarakat di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan diselurah Tanah Air.

Dengan adanya program pencanangan kampung KB, diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang berada didesa-desa dan dusun-dusun di seluruh Indonesia.

Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) merupakan salah satu program dari BKKBN yang diberi mandat untuk dapat turut mensukseskan agenda prioritas pembangunan (Nawacita), terutama pada agenda prioritas nomor lima yaitu “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia” melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana.

Diharapkan dengan adanya Kampung KB dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau desa melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mengwujudkan keluarga yang berkualitas.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kayong Utara Idrus berpesan kepada masyarakat, petugas kesehatan dan aparatur desa, dengan adanya pencanangan kampung KB dapat terus digalakan. Terutama pada aparatur desa, begitu juga dari tenaga medisnya.

“Pelayanan kesehatan untuk di desa diharapkan pelayanan masyaralat ditingkatian. Termaksud Postu-Postu. Jangan sampai ada petugas jarang di tempat. Kalau petugas susah ditemui bagaimana dapat melayani masyarakat,” ujar Idrus.

Dijelaskan Idrus, di Kayong Utara saat ini sudah ada empat kampung KB, yang tersebar di empat kecamatan. “Dari enam Kecamatan di Kayong Utara ini sudah ada empat¬†kecamatan yang telah ditunjuk sebagai kampung KB. Untuk itu saya berharap kepada Kepala Desa juga dapat memperhatikan,” tegasnya.

Dengan terus menggalakan KB, sambung Idrus tentunya pemerintah memiliki harapan. Hal tersebut dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat baik itu di ruang lingkup pedesaan maupun perkotaan.

“Kenapa KB ini digalakan oleh pemerintah. Karena lajunya perkembangan penduduk sehingga negara di dunia mengalami kekhwatiran. Untuk itu bapak Presiden mencanangkan terbentuknya kampung KB ini,” terangnya.

Untuk itu, dirinya sagat berharap, dengan adanya kampung KB ini dapat dijalankan dengan serius. Tentunya dengan program yang telah ada.

“Kampung KB harus serius dijalankan. Karena dari Pemerintah cukup serius dalam menaganinya. Dan diharapakan program-program yang ada dapat berjalan,” terang Wakil Bupati Kayong Utara Idrus.

Kegiatan Pencanangan Kampung KB ini dipadukan dengan kegiatan bakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan. Diharapkan seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan agar dapat berperan aktif dalam mendukung kegiatan ini.

Dengan mengembangkan dan melakukan sosialisasi kebijakan pengendalian penduduk guna mewujudkan pembangunan berwawasan kependudukan, serta melakukan analisis dampak kependudukan dan juga melakukan pembinaan serta peningkatan kesertaan keluarga berencana
melalui pembinaan dan kemandirian ber-KB. (MCKayongutara/Julrizal /Norita)