Pemberdayaan Kelembagaan Komukasi Sosial Dalam Rangka Desa Informasi

Lembaga Komunikasi Sosial adalah merupakan lembaga Komunikasi perdesaan yang di bentuk oleh Masyarakat ,dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan Kreatif yang aktifitas nya melakukan kegiatan Pengelolaan Informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.

Kelompok Informasi Masyarakat ((KIM) yang berada di Desa desa akan sangat membantu dalam proses pengelolaan Informasi , saling melengkapi atau sinergitas antara upaya yang dilakukan oleh Pemerintah , Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten serta semua pihak terkait dalam pengembangan dan pemberdayaan lembaga Komunikasi Sosial.

Sehingga dengan adanya Kelompok Informasi Masyarakat di Desa desa dapat menjadi sarana atau wadah yang efektif guna Penyebarluasan atau Desiminasi Informasi dari pusat ke Daerah dan sebaliknya sehingga perkembangan pembangunan dapat di ketahui oleh Publik.

Potensi Kelompok Informasi Masyarakat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bahwa kesadaran masyarakat untuk memperoleh pengetahuan teknologi komunikasi dan informasi semakin tinggi.
Diharapkan adanya Kelompok Kelompok Informasi Masyarakat di Desa dapat mewujudkan masyarakat yang aktif ,peka dan memahami informasi yang berguna, untuk menangkis Informasi yang kurang baik.

Bahwa Kelompok Informasi Masyarakat mempunyai tugas yang mulia di Masyarakat yaitu, memberdayakan masyarakat untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dan Bermanfaat, mewujudkan jejaring Informasi serta media dua arah , menghubungkan antar kelompok masyarakat lain, dan memberdayakan kelompok dalam mengumpulkan , mengelola dan menyebarkan informasi.

Disamping keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat adalah sebagai mitra Dialog antara pemerintah dan Masyarakat serta menjadi lembaga yang memiliki Nilai Ekonomi.

Kelompok Informasi Masyarakat dapat mengakses informasi dari berbagai media sesuai dengan kebutuhan untuk pengembangan diri, atau bahan untuk berdiskusi dengan anggota kelompok.
Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat Mulia Lestari Desa Harapan Mulia Sukadana sudah mencoba mengakses atau menyebarkan informasi terkait produk produk rumah tangga melalui media sosial dan Media Massa (Radio Lokal ) Kayong Utara untuk membantu pemerintah Desanya (MC KKU/Lahwan)