Pengrajin Tahu Usaha Jaya Pasarkan Produksinya Secara Online

Jpeg

Kayong Utara,  – Kelompok Pengrajin Tahu Usaha Jaya, Dusun Rantau Panjang, Desa Harapan Mulia, Sukadana, menekuni dan berhasil  mengembangkan usaha pembuatan tahu, yang pemasarannya dilakukan secara online.

Kelompok Usaha Jaya beranggotakan 3 orang, yaitu Lina, Siti Fatimah, dan Siska, sejak tahun 2016 kelompok ini mula mula berproduksi hanya dua Kg kacang kedelai sebagai bahan baku. “Berkat kegigihan dan kerjasama, sekarang sudah meningkat menjadi sepuluh Kg per hari,” kata ketua kelompok Usaha Jaya Lina, Senin (21/8).

Ketika didatangi oleh Kelompok Informasi Masyarakat Desa Harapan Mulia (KIM) Mulia Lestari (Susiana), Lina mengaku bahwa pihaknya merasa senang menekuni kerajinan pembuatan tahu. Untuk pemasaran produksi adalah sekitar Sukadana  dan bisa di pesan secara online melalui akun Facebook miliknya.

Selanjutnya dikatakan bahwa hasil produksi tahunya diakui oleh konsumen cukup enak, pembuatan tahu tersebut masih manual, dicetak dengan menggunakan pembungkus kain tipis. Menurut Lina, adalah lebih  enak jika dibandingkan cetakan, sehingga di gemari oleh konsumen.

Berkaitan dengan kendala masih terbatas modal , pemasaran dan bahan baku. Dalam satu hari kelompok Usaha Jaya menjual produk sekitar 275 potong tahu.
Dan jika konsumen memesan secara online minimal 20 potong untuk sekitar Sukadana akan diantar sampai alamat konsumen.

Kelompok Usaha Jaya telah memanfaatkan media Sosial untuk meningkatkan usaha , sehingga diharapkan akan semakin maju dan berkembang, dalam meningkatkan peranan wanita pedesaan dan menambah pemasukkan untuk keluarganya.

Siti Nurbaya, Kepala Dusun, sebagai salah satu konsumen telah merekomendasikan bahwa memang tahu produksi Ibu Lina ini dirasa cukup enak, sehingga merasa puas setelah membeli dan mengkonsumsi nya.

Cara bagi hasil diterapkan oleh Lina sebagai Ketua Kelompok Usaha Jaya kepada Anggotanya ,setelah dikalkulasi dalam sebulan kurang lebih mendapat bagi hasil Rp800.000 s/d Rp1.000.000 per orang . Kelompok ini beranggotakan  baru tiga orang.

Kelompok Usaha Jaya merupakan Kelompok Binaan Dinas Perdagangan Kabupaten Kayong Utara.

Sementara Kelompok Informasi Masyarakat Mulia Lestari yang dimotori oleh Susiana siap membantu pemasaran melalui Media Sosial melalui Grup maupun Facebook.( MC kayong utara )