Kayong Utara Tuan Rumah Rakornis Perhubungan Tingkat Provinsi Kalbar

Kayong Utara, Melalui Rakornis Perhubungan Tahun 2017, tema yang diangkat adalah Kita Tingkatkan Pemantapan Pembangunan Berkelanjutan dalam Mewujudkan Konektivitas Transportasi Nasional.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya Rakor ini adalah dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan transportasi melalui pembinaan teknis secara berkesinambungan terhadap para pejabat yang melaksanakan tugas-tugas operasional di lapangan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Mahkota Sukadana, jalan irama Laut Sukadana selama tiga hari mulai tanggal (26 Juli s.d 28 Juli 2017).

Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, menyatakan bahwa Kondisi pelayanan sektor Perhubungan di Kalimantan Barat  belum memadai, hal ini di sebabkan keterbatasan sarana dan prasarana transportasi yang tidak sebanding dengan laju mobilisasi orang maupun barang di seluruh Kalimantan Barat.

Contohnya adalah di Perhubungan Darat jalan Trans Kalimantan yang belum 100% selesai dan butuh penanganan yang serius lagi, dari sisi transportasi darat, masih kurangnya  sarana angkutan transportasi  darat, masih kurangnya sarana angkutan masal menjadi pemicu masyarakat untuk beralih ke Penggunaan Kendaraan pribadi yang sering kali menimbulkan kemacetan dan tingginya angka kecelakaan di jalan Raya.

Di sektor Perhubungan Laut dan Sungai, Kalimantan Barat masih perlu meningkatkan kualitas layanan di Pelabuhan yang ada seperti Pelabuhan Kendawangan disisi Selatan Kabupaten Ketapang yang memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan melalui kegiatan pelayanan Bongkar muat barang dan jasa.

Dangkalnya Sungai Kapuas yang di akibatkan oleh proses sedimentasi juga perlu menjadi pemikiran kita untuk mendukung pelabuhan Dwikora di Pontianak.

Akibat dari sedimentasi secara langsung adalah terjadinya pendangkalan alur pelabuhan Dwikora yang berimbas pada penurunan kapasitas okupansi kapal, sehingga menyebabkan proses bongkar muat barang dan jasa menjadi kurang optimal.

Selanjutnya Gubernur Kalimantan Barat mengajak untuk mensukseskan program Nawa Cita untuk menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Salah satu penunjang dalam program tersebut adalah pembangunan samudera yang diharapkan dapat memeratakan perekonomian di seluruh Daerah di Indonesia, Untuk Kalimantan Barat adalah pembangunan Pelabuhan di Pulau Kijing di Mempawah.

Pada akhir Sambutannya Gubernur berharap agar memanfaatkan Kegiatan Rakornis ini untuk berdiskusi dan bertukar pikiran guna memperoleh solusi terbaik untuk  lebih meningkatkan pelayanan Transportasi di Kalimantan Barat serta mempererat solidaritas jajaran Perhubungan dari pusat sampai Daerah sehingga pelayanan transportasi baik di Darat, Laut dan Udara semakin baik dan berkembang mengikuti zaman .

Sambutan Gubernur tersebut disampaikan oleh  Staf Ahli Gubernur bidang Pembangunan dan Ekonomi Provinsi Kalimantan Barat  Anna Veridianan Iman Kalis.